Filosofi Arif Rachmat CEO yang Fokus di Sawit

PT Triputra Agro Persada adalah perusahaan yang bergerak di sektor kelapa sawit dan tetap fokus pada komoditi yang menjadi unggulan Indonesia ini. Saat ini, luas perkebunan sawit yang dimiliki perusahaan tersebut mencapai sekitar 170 ribu hektar yang tersebar di berbagai provinsi terutama di Kalimantan.

CEO PT Triputra Agro Persada Group, Arif Rachmat pun memaparkan bagaimana dirinya terjun dalam bisnis sawit.

“Dalam membangun bisnis, kita harus gunakan filosofi menerbangkan layangan harus di tempat yang berangin kencang. Nah, Indonesia kuat di bidang apa? Kita tahu sawit ini menjadi primadona di Indonesia. Di saat yang lainnya kewalahan, sawit tetap bisa diandalkan,” papar Arif pada Sawit Indonesia.

“Selain itu, industri sawit berhubungan banyak dengan masyarakat. Misalkan dari aspek tenaga kerja dan ketahanan pangan energi, sampai kepada pengurangan kemiskinan. Sawit punya efek yang besar di sektor perekonomian,” lanjutnya.

Arif telah memulai ini sejak tahun 2005, ketika ia kembali dari merantau di Negeri Paman Sam. Di sana, ia bekerja di perusahaan General Electric (GE) Amerika Serikat. Latar belakang pendidikan Arif adalah engineering dan ia pun memutuskan untuk mengelola bisnis komoditas. Arif pun memaparkan bagaimana cara mengelola bisnis ini.

“Setiap industri pasti punya keunikan masing-masing. Kuncinya adalah people dan process. Punya orang tepat dan membangun sistem dan teknologi yang tepat untuk perkebunan,” terang Arif.

Ia juga menjelaskan perebedaan industri yang ditekuninya dengan bidang lain. “Pertama, lokasi perkebunan berada di wilayah terpencil (remote area) dan sangat luas. Kedua, selalu berhubungan dengan alam. Karakter ini yang membedakan bisnis sawit dengan manufaktur dan perbankan,” jelas Arif.

Arif mengatakan salah satu kunci dia mampu menjalankan bisnis ini adalah dengan bagaimana menempatkan orang di lapangan dan orang tersebut melakukan apa yang harus dilakukan tanpa kita tinjau langsung sehari-hari.

“Itu kuncinya. Jadi kembali ke orang dan proses,” tandasnya.

Arif Rachmat merupakan salah satu dari sekian orang yang mendapat penghargaan Indonesia Most Admired CEO 2017. Selain fokus menggeluti bisnisnya, Arif juga giat dalam menjalankan berbagai aktivitas sosial di bawah bendera Yayasan Gerakan Kepedulian Indonesia (GKI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *